15 Mitos Konyol Tentang Tuyul Yang Bakal Bikin Kamu Geli - Misteri Kisah
loading...

15 Mitos Konyol Tentang Tuyul Yang Bakal Bikin Kamu Geli

15 Mitos Konyol Tentang Tuyul Yang Bakal Bikin Kamu Geli
Misterikisah,com ~ Tuyul adalah salah satu makhluk mitologi yang paling terkenal di kawasan melayu seperti Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Dia merupakan makhluk halus yang sering dipelihara oleh pelaku pesugihan lewat jasa juru kunci tuyul

Sebelum memberikan pada pemelihara tuyul, konon, Juru kunci itu akan berdialog dengan tuyul dan menjelaskan bahwa si tuyul sudah menemukan ibu kandungnya. Lalu calon majikan akan memberikan uang kepada juru kunci sebagai ongkos jasa atau biaya mahar sesuai dengan kualitas tuyul yang diadopsi.

Tuyul konon juga mempunyai perilaku tertentu yang menurut sebagian orang juga dianggap konyol. apa saja? Berikut ini 15 mitos konyol yang melekat pada tuyul yang terlanjur dipercayai sebagian masyarakat di Indonesia.

 
1. Tuyul adalah makhluk yang suka mencuri uang

Suka mencuri seakan menjadi ciri khas tuyul. Jika uang hilang padahal ada di dalam dompet atau di dalam almari yang terkunci, bisa jadi uang dicuri oleh tuyul.

2. Tuyul tidak bisa mengambil uang yang diikat

Konon, tuyul tidak bisa mengambil uang dalam keadaan yang terikat misalnya diikat dengan karet atau staples. Tuyul hanya bisa mengambil yang yang berserakan dan dalam jumlah tertentu setiap harinya.

3. Tuyul Bisa Dijualbelikan

Tuyul bisa dijual dengan harga yang relatif mahal oleh dukun. Tuyul-tuyul dijual kepad aorang-orang yang ingin kaya tanpa usaha. Harga satu tuyul bisa mencapai 5-10 juta rupiah tergantung dari kualitas tuyul sendiri.
Tuyul yang paling berkualitas biasanya dari Kuningan, Jawa Barat, Tulungagung, Jawa Timur, Karang Pucung, Cilacap.

4. Tuyul suka Bermain

Sama seperti anak kecil pada umumnya, tuyul juga suka dengan mainan anak-anak yang ada di tempat tidurnya seperti mobil-mobilan, boneka, kelereng dan buku gambar. Tempat tidur tuyul juga dibuat seperti tempat tidur bayi karena pada dasarnya dia bayi yang gagal dilahirkan karena dibunuh oleh ibunya sendiri (diaborsi). 
5. Tuyul berasal dari arwah orok

Menurut paranormal Ki Gendeng Pamungkas, tuyul berasal dari arwah bayi yang diaborsi. Kemudian arwah si jabang bayi gentayangan kemana saja sambil memanggil sang ibu. Namun, dia keburu ditangkap oleh dukun tuyul untuk diperjualbelikan kepada sang majikan.

6. Wujud Tuyul Seram

Wujud tuyul sangat jauh dari anggapan orang yang berupa anak kecil lucu. Rupa tuyul sangat menyeramkan gigi dan telinganya runcing, kepalanya botak, tingginya hanya 20 cm, tubuhnya berlendir selayaknya bayi yang baru lahir dan ingusan.


7. Tuyul suka bermain kepiting

Satu hal lagi yang unik dari tuyul yaitu dia sangat suka bermain kepiting dalam sumur. Jika ingin uang anda aman maka taruhlah kepiting dalam sumur sehingga dia lupa untuk mencuri uang anda.

8. Tuyul Takut Kaca Cermin

Jika anda menaruh cermin atau kaca dekat uang yang anda simpan, tuyul tidak akan berani menyentuh uang anda karena dia takut akan cermin. Tuyul akan mengira bahwa bayangan yang muncul dalam cermin tersebut adalah tuyul peliharaan anda sehingga dia takut ditampar oleh tuyul lain.

9. Tuyul suka menyusu

Tuyul juga suka menyusu sama seperti manusia. Maklumlah karena dia adalah arwah bayi korban aborsi yang sangat membutuhkan ASI. Dia bisa mendapatkan ASI dari majikan yang mengadopsinya tetapi harus ditebus dengan uang yang mesti dia curi pada orang lain.

10. Tuyul suka digendong

Seperti umumnya anak kecil, tuyul senang diajak majikannya jalan-jalan dan biasanya dia akan minta gendong di belakang. Jika majikannya meletakkan kedua tangan di belakang, itu tandanya dia sedang menggendong tuyul.

11. Tuyul Suka Rumah Warna Warni

Majikan tuyul biasanya mengecat rumahnya warna warni karena tuyul suka rumah yang warna-warni seperti anak kecil.

12. Tuyul Hanya Akan Bekerja 10 tahun

Tuyul hanya bisa dipelihara selama 10 tahun saja. Majikan harus mengganti dengan tuyul yang baru setelah itu karena tuyul yang lama sudah mau khitan dan masuk masa puber sehingga dia harus tobat dan mengaji di alamnya.

13. Majikan Tuyul Umumnya Wanita

Orang yang memelihara tuyul biasanya wanita karena dia harus bisa memberikan susu kepada si tuyul. Jika yang menyusui adalah lelaki, tuyul akan menolak. Tuyul mengira kalau majikannya adalah ibu kandungnya yang bisa menyusui dan menggendongnya setiap saat. Tuyul tidak mengerti jika mencuri adalah tindakan yang jahat. Dia hanya bisa menjalankan perintah sang ibu. Padahal ibunya sendiri telah membinasakan dan melarangnya hidup di dunia ini. 

14. Tuyul Makan Nasi Sisa Majikan

Orang yang sedang memelihara tuyul pasti menyisakan makan malamnya di atas piring karena untuk makanan tuyulnya. Seperti anak kecil, dia juga minta disuapi kalau melihat ibunya sedang makan. Tangan majikan juga tidak dicuci setelah makan karena akan dipakai untuk menyusui tuyul pada jam 21.00-4.30 pagi.

15. Tuyul Gampang Ngambek

Tuyul juga akan ngambek kalau ibunya tidak melayani dirinya dnegan baik. Kalau tuyul ngambek, dia tidak akan mencuri uang ke rumah seseorang tetapi ke rumah orang lain untuk mencari makanan. Oleh karena itu, jangan sisakan makanan dan membiarkan makanan terbuka tanpa penutup. 

Demikian 15 hal aneh dan konyol tentang tuyul. Bagaimana menurut anda? [Misteri Kisah]

Loading...
Suka Artikel Ini?
Loading...
loading...