Mengenal Seluk-beluk Ilmu Santet dari Berbagai Penjuru Nusantara - Misteri Kisah
loading...

Mengenal Seluk-beluk Ilmu Santet dari Berbagai Penjuru Nusantara

Misterikisah,com ~ Meskipun zaman sekarang bisa dikatakan zaman modern dengan semua kecanggihan teknologi, tetapi masyarakat nusantara tak bisa lepas dari adat peninggalan leluhur, termasuk yang berbau klenik dan mistis. Banyak ritual yang masih banyak ditemui seperti  benda pusaka, ilmu perdukunan, pesugihan sampai santet.

Santet adalah ritual magis yang cukup mengerikan karena sering dipakai untuk membuat celaka orang lain. Santet termasuk ilmu hitam. Santet dilakukan dengan memanfaatkan berbagai media seperti boneka, foto, rambut, dan kemenyan.

Orang yang menjadi korban santet akan mengalami peristiwa yang mengerikan seperti berubah menjadi cacat, sakit tahunan hingga meninggal dunia. Santet biasanya digunakan untuk membalas dendam atas sakit hati kepada orang lain.

Berikut ini adalah macam-macam santet yang masih bisa ditemui sampai sekarang:

1. Santet Lowo Ireng
Santet ini adalah santet Banyuwangi yang termasuk ganas sehingga korban bisa meninggal dengan cara kecelakaan. Kecelakaan yang dialami oleh korban bisa terjadi di rumah, jalan maupun di tempat kerja. Santet ini munculnya tidak terduga dan bisa datang secara tiba-tiba. Santet jenis ini hanya bisa ditangkal jika korban adalah sosok yang rajin berdzikir.

2. Santet Banyuwangi Osing
Jenis santet ini menyebabkan korbannya terkunci kelaminnya. Artinya korban santet ini tidak bisa melakukan hubungan badan dengan siapapun kecuali dengan orang yang mengirimkan santet. Jenis santet ini sangat cocok dipakai untuk suami yang mata keranjang. Dengan santet Banyuwangi Osing, tak perlu cemas jika suami sedang tidak berada di rumah.

3. Santet Susuk Konde
Santet ini adalah jenis santet yang terdapat di pedalaman Jawa Timur sehingga membuat korbannya menderita penyakit yang sangat aneh. Umumnya penyakit yang diderita bisa muncul di bagian dalam tubuh. Ketika dironsen, banyak benda-benda asing seperti kawat, tang, paku, besi, silet dan lain sebagainya.

4. Santet Dayak Pelesit Matimang
Santet ini adalah jenis santet dari Dayak yang sangat ganas. Santet Dayak Pelesit Matimang akan menyebabkan korbannya gila dan mengalami gangguan jiwa saat itu juga. Santet jenis ini tidak mengenal jarak antar pulau. Santet bisa dikirim bahkan antar pulau.

5. Santet Buhul Cacing Abin
Santet  ini berasal dari pedalaman Sumatera yang mampu membuat target menderita sakit yang cukup lama sehingga dia mati secara perlahan dengan sendirinya. Santet Buhul Cacing Abin dimiliki oleh suku anak dalam di pedalaman Jambi.


6. Santet Bambu Apus
Santet bambu apus merupakan jenis santet yang bisa membuat target tidak bisa buang air kecil maupun buang air besar sehingga dia akhirnya mati. Santet ini sangat mengerikan karena korban akan menjerit kesakitan menahan kotoran yang ada dalam perutnya.

7. Santet Suku Badui
Santet ini merupakan jenis santet yang membuat korban lumpuh total. Seluruh badan menjadi tidak berdaya sehingga dia akan menderita seumur hidup baik lahir maupun batin.

8. Santet Kuyang
Santet ini akan membuat korbannya menjadi lupa dan bingung dengan apa saja yang sudah diperbuat olehnya. Santet ini dilakukan dengan mengambil setengah dari jiwa korna sehingga hidup dan pemikirannya menjadi setengah gila.

9. Santet Paku Jiwo
Santet yang bisa membuat korbannya mengalami kebuntuan dalam usaha. Hidupnya akan selalu sial dan tidak mengalami keberuntungan. Santet Paku Jiwo sering dianggap sebagai santet kesialan.

10. Santet Biriang
Santet biriang merupakan jenis santet Banyuwangi yang menyebabkan kulit menjadi rusak dan gatal-gatal menahun. Korban tidak akan tenang jika terserang santet jenis ini. Kulitnya bentol, bernanah, melepuh dan kemudian menjadi busuk.

11. Santet Buntu Jodoh 
Sesuai namanya, santet ini membuat korban kesulitan mendapatkan jodoh sehingga tidak kunjung menikah. Korban akan menjadi bujang lapuk atau perawan tua. Santet buntu jodoh biasanya dilakukan oleh mereka yang dikecewakan oleh sang kekasih sebagai upaya balas dendam.

Demikian beberapa jenis ilmu santet yang terkenal di berbagai daerah dari penjuru nusantara. Tingkatan keganasan santet itu pun bermacam-macam tergantung tujuan dan efek yang akan ditimbulkan kepada korban. Ada yang  bersifat sementara, permanen hingga menghilangkan nyawa seseorang. 


Anda boleh percaya atau tidak terkait hal ini. Namun sekedar tips untuk menghindarinya, jadilah pribadi yang baik, jangan menyakiti orang lain. Jangan segan-segan meminta maaf apabila telah berbuat kesalahan. Dan yang terakhir tentu saja yang paling mujarab, selalu dekatkan diri kepada Tuhan, memintalah pertolongan dan perlindungan pada-Nya. Karena hanya Dia-lah sebaik-baiknya tempat meminta pertolongan. [ Misterikisah,com ]

Loading...
Suka Artikel Ini?
Loading...
loading...