Ditanya Soal Mamalia, Jawaban Kocak Siswa Kelas 6 SD Bikin Ngakak Sampe Mules - Misteri Kisah
loading...

Ditanya Soal Mamalia, Jawaban Kocak Siswa Kelas 6 SD Bikin Ngakak Sampe Mules

Jawaban kocak siswa SD, Misterikisah.com ~ Sekolah Dasar (SD) menjadi momen berharga setiap orng saat mengenyam pendidikan. Istilahnya di usia inilah kita sedang lucu-lucunya dalam meresapi setiap mata pelajaran.

Seperti kejadian kocak yang dialami siswa kelas 6 SD di SDN Cisarua bernama Hananta. Ia dan siswa lainnya harus memberikan jawaban yang benar untuk kelima soal ujian.

Tapi sang guru malah terkejut saat memeriksa jawaban Hananta  Padahal soal-soal yang diberikan terbilang cukup mudah untuk siswa kelas 6 SD.

Entah ia tidak belajar atau ada pikiran lain yang membuat ia memberikan jawaban aneh dalam soal yang diberikan itu. Entah ia benar-benar tidak tahu jawabannya atau memang hanya ingin bercanda. Berikut soal beserta jawabannya :

Nama : Hananta
Kelas : VI A
SD : SDN Cisarua

1. Bagimana cara makhluk hidup berkembang biak dengan membelah diri?
Jawab : operasi sesar

2. Sebutkan nama tanaman yang mengandung yodium?
Jawab : eceng gondok

3. Apakah fungsi hati?
Jawab : tempat menemukan cinta dan kasih sayang

4. Tebu dan sagu menyimpan makanan pada batang. Sedangkan manusia menyimpan pada?
Jawab : Kulkas

5. Apa yang dimaksud dengan mamalia?
Jawab : Ibu dari seorang anak yang bernama “Lia”
Foto jawaban kocak ini pun diunggah oleh akun Facebook bernama Muhamad Guntur. Sontak netizen pun heboh dengan jawaban anak SD ini.

Terkait soal ujian, kejadian berbeda terjadi di SD Negeri di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Orang tua siswa di sekolah ini dibuat heboh dengan temuan soal ujian mata pelajaran Ilmu Pengetahun Alam (IPA).

Gegernya para orang tua ini lantaran adanya soal ujian IPA yang dianggap terlalu dewasa dan vulgar untuk para anak SD. Dalam soal ujian tengah semester (UTS) kelas VI SD untuk pelajaran IPA, ada pertanyaan tentang ‘pubertas’

Di soal itu, siswa diminta menjawab tanda pubertas berdasarkan urutan pada pria. Ada empat pilihan jawaban terkait soal pubertas, yaitu rambut rontok, tumbuh jakun, pinggul membesar dan mimpi basah.

“Apa memang harus ada pertanyaan seperti itu. Masa murid diajak berpikir tentang mimpi basah dan pinggul membesar,” ujar AS, salah satu orang tua siswa.

AS mengaku ia dan orang tua lain keberatan dengan materi soal ujian yang diberikan ini.

Menurut mereka, secara tidak langsung bisa mengajak siswa penasaran tentang apa itu mimpi basah atau pinggul membesar.

“Enggak terlalu urgent anak SD ditanya soal pubertas, apa emang harus ada pertanyaan seperti itu?,” tanyanya.

Hal senada disampaikan IR, orang tua siswa lainnya. Menurutnya, apakah pertanyaan demikian harus ada dalam materi ujian.

“Saya saja bacanya geli, kok siswa SD sudah dikasih materi seperti ini,” ujar IR.

Dalam kopian soal yang dikutip Misterikisah.com dari laman TribunnewsBogor.com, materi ujian tentang pubertas ada di soal nomor 5 dan 6.

Pertanyaan nomor 5 adalah ‘Perubahan fisik laki-laki dan perempuan ada terlihat pada masa...’
Ada empat jawaban pilihan A. Balita B.Lansia C. Pubertas D. Anak-anak Sedangkan pertanyaan nomor 6 adalah, ‘1. Rambut Rontok 2. Tumbuh Jakun 3. Pinggul Membesar 4. Mimpi Basah, Yang termasuk ciri-ciri pubertas pada laki-laki adalah’

Empat jawaban yang disediakan adalah A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan1 3 D. 2 dan 4. Sejumlah murid menjawab pertanyaan nomor 6 dengan jawaban D, yaitu 2 dan 4.

Baca Juga:

Namun saat ini belum ada klarifikasi dari guru di SD tersebut terkait adanya soal yang berbau dewasa tersebut. Bagaimana menurut Anda? [Misterikisah/ Tn]

Loading...
Suka Artikel Ini?
Loading...
loading...