8 Fakta Mencengangkan Tenggelamnya Kapal Titanic Yang Tak Banyak Orang Tahu, Nomor 5 Tragis Banget - Misteri Kisah
loading...

8 Fakta Mencengangkan Tenggelamnya Kapal Titanic Yang Tak Banyak Orang Tahu, Nomor 5 Tragis Banget

Fakta mencengangkan tenggelamnya kapal Titanic, Misterikisah.com ~ Siapa yang tak tahu dengan peristiwa tenggelamnya kapal Titanic? Filmnya yang berjudul sama garapan James Cameron dengan dibintangi Leonardo Di Caprio dan Kate Winslet ini sukses menjaring ratusan juta penonton di seluruh dunia.

Rupanya ada beberapa fakta mencengangkan seputar tenggelamnya kapal fenomenal ini. Seperti apa fakta-fakta uniknya? Berikut ulasannya dikutip Misterikisah.com dari laman The Richest:

1. Bisa dicegah
Bencana tersebut sebenarnya bisa dicegah jika wak kapal mengubah jalur paling tidak 30 detik lebih awal. Dikatakan jika First Officer William Murdoch melihat bongkahan es besar tersebut, namun bukannya langsung bertindak, dirinya menunggu hingga 30 detik untuk langsung memutar jalur. Pada saat itu, semuanya sudah terlambat.

2. Sekoci penyelamat tak cukup
Tak ada sekoci penyelamat yang cukup untuk menyelamatkan korban Titanic kala tenggelam, bahkan sekoci-sekoci tersebut tak cukup menyelamatkan separuh penumpang! 20 sekoci dalam Titanic hanya bisa menampung 1178 orang, sedangkan seluruh penumpang Titanic berjumlah 2224 orang.

3. Benar diiringi grup musik saat tenggelam
Dikatakan dalam film jika ada grup musik yang memainkan musiknya pada saat kapal tenggelam. Well, hal tersebut memang nyata. Kelompok musik di kapal ini memang memainkan lagu untuk membuat orang-orang tidak panik dan bisa berpikir jernih.

4. Cerobong asap yang berfungsi hanya 3
Titanic dikenal memiliki 4 cerobong asap. Ternyata cerobong yang berfungsi hanya 3 saja, satunya sebagai pelengkap. Namun justru saat tenggelam, cerobong tersebut justru membawa petaka karena jatuh menimpa banyak orang.

5. Jatuhnya ribuan korban jiwa
Lebih dari 1500 orang tewas, namun hanya sekitar 328 jenazah yang ditemukan. Kebanyakan meninggal karena hypothermia atau kedinginan hebat.

6. Tak ada latihan keselamatan
Ini adalah fakta yang membuat miris. Latihan keselamatan sekoci oleh kru dibatalkan tepat di hari yang sama Titanic tenggelam pada malam harinya. Yang membatalkan adalah sang kapten, Edward J. Smith dengan alasan mepetnya waktu untuk mempersiapkan Titanic berlayar.

7. Salah dapatkan info
Koran-koran Inggris salah mendapatkan informasi kala itu, sehingga dalam koran terbitannya, ditulis tak ada korban jiwa dalam tragedi tenggelamnya Titanic.

8. Novel memprediksikan tenggelamnya Titanic
Rupanya ada novel yang memprediksikan tenggelamnya kapal Titanic 14 tahun sebelumnya. Novel tersebut dikeluarkan pada tahun 1898 dan berjudul Wreck of t he Titan, nama kapal dalam novel ini bahkan hampir mirip.

Baca Juga:

Bagaimana menurut Anda? [Misterikisah/ Tr]

Loading...
Suka Artikel Ini?
Loading...
loading...