Inilah Misteri tentang si Manis Jembatan Ancol - Misteri Kisah
loading...

Inilah Misteri tentang si Manis Jembatan Ancol

Misterikisah.com ~ Sepertinya urbad legend tentang jembatan Ancol telah dikenal luas tidak hanya di Jakarta tetapi seluruh pelosok negeri. Apalagi setelah kisah misteri tentang si manis diangkat menjadi cerita di layar kaca.

Jembatan Ancol dulunya adalah jembatan goyang yang terletak di Jakarta Utara. Pada tahun 1995, ada seorang pelukis di Ancol yang didatangi seorang wanita. Wanita itu minta dilukis. Sesuai permintaan, pelukis itu mulai menggambar sketsa. Tetapi ketika sampai setengah bagian tubuh, wanita itu menghilang. Warga sekitar percaya bahwa perempuan itu tidak lain ialah si Manis Jembatan Ancol. 

Di tahun 1960-an, saat daerah Ancol masih berupa tambak, ada seorang pendayung yang bertemu dengan si Manis. Perempuan itu naik perahu malam-malam sekali dan membayar pendayung dengan selembar daun. 

Dari sekian banyak mitos dan cerita tentang si Manis Jembatan Ancol, muncul pertanyaan siapa sesungguhnya sosok si Manis itu? 

Berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, si Manis itu dulunya bernama Mariyam (sering juga dipanggil Siti Ariah). Dia adalah gadis desa yang berparas manis dan meninggal secara mengenaskan di kawasan jembatan Ancol akibat diperkosa beberapa pemuda. 

Kematian yang tidak wajar itulah yang membuat sosok Mariyam menjadi penunggu jembatan Ancol. Beberapa kali, dia menampakkan diri pada orang-orang tertentu. 

Hal ini juga dialami oleh Anshori. Dia adalah penjual rokok yang berada di dekat pintu keluar Ancol. Anshori mengaku bahwa dirinya pernah melihat hantu Mariyam secara langsung pada tahun 1990 di samping jembatan goyang. 

Ketika itu malam Jumat dan suasana tengah gerimis, pukul 1 pagi, lewat seorang wanita. Setelah berjalan cukup jauh, perempuan itu balik lagi menghampiri kios Anshori sambil tersenyum. Anshori mengira bahwa wanita itu adalah calon pembeli. Jarak antara mereka berdua hanya sekitar 50 cm saja. 

Menurut keterangan Anshori, wanita itu wajahnya manis dan dia menggunakan kemeja kuning serta rok abu-abu. Ketika ditanya mau belanja apa, perempuan tersebut tiba-tiba saja hilang. Meskipun pakaiannya tidak serba putih, Anshori percaya bahwa dia adalah Si Manis Jembatan Ancol.

Sumber: galerimisteridunia.blogspot.com

Loading...
Suka Artikel Ini?
Loading...