Hebat! Menteri Susi Kini Jadi Rebutan Kepala Polisi Dunia, Ternyata Ini Alasannya - Misteri Kisah
loading...

Hebat! Menteri Susi Kini Jadi Rebutan Kepala Polisi Dunia, Ternyata Ini Alasannya

Misterikisah.com ~ Sepak terjang Menteri Perikanan dan Kelautan RI Susi Pudjiastuti rupanya tidak diragukan lagi dalam memberantas ilegal fishing. Malah Susi menjadi rebutan para Kepala Polisi Dunia saat menjadi pembicara utama di acara International Sidang Umum Interpol ke-85 di Bali pada beberapa hari lalu.

"Selesai berbicara di hadapan Kepala Polisi dari Afrika, Asia Pasifik.Ternyata mereka pada ngikutin saya. Saya tanya, ada apa Pak? Mereka jawab which is wonder if can I borrow you from your government. Jadi, mereka mau pinjam saya,” ujar Susi.
 Menteri Perikanan dan Kelautan RI Susi Pudjiastuti (dua dari kiri)  saat menjadi pembicara utama di acara International Sidang Umum Interpol ke-85 di Bali pada beberapa hari lalu.
Susi menyangka kata "meminjam" hanya gurauan semata dan tidak dianggap serius. Ternyata, tak disangka perkataan para kepala polisi dari berbagai negara itu adalah serius. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Polisi RI Tito Karnavian tentang apresiasi kepala polisi negara lain kepada Menteri Susi.
“Dua hari kemudian, Pak Tito SMS saya, dia berterima kasih ke saya karena delegasi interpol dari negara lain sangat senang. Mereka tanya apakah mereka bisa pinjam kamu Susi untuk pemerintahan mereka. Saya bilang untuk apa? Ternyata untuk tagline illegal fishing di negara mereka,” lanjut Mantan CEO Susi Air ini.

Nama Susi terus melambung di mata dunia sejak kebijakan kontroversialnya memerangi praktik pencurian ikan (illegal fishing) di Indonesia. Di depan peserta Interpol, Susi menyebut, illegal fishing bukan hanya sekadar pencurian ikan. Melainkan, ada tindak pidana lain di dalamnya.

Misalnya tindak pidana perdagangan orang, peredaran narkoba, dan penyelundupan barang ilegal. Hal inilah yang membuat ia jadi rebutan kepala polisi negara lain untuk menuntaskan masalah serupa. Rupanya para kepala polisi dunia tersebut ingin mengadaptasi langkah-langkahnya.

Menteri Susi memang wajib diacungi jempol berkat kebijakannya, Susi diganjar penghargaan dari WWF.

“Saya, Indonesia, dianggap jadi pionir dunia soal illegal fishing. Makanya WWF memberi penghargaan Living Planet Award,” pungkasnya. [Misterikisah/ Palingseru]

Loading...
Suka Artikel Ini?
Loading...