Hebat! Pemuda Asal Bekasi Ini Berhasil Ciptakan Jarvis, Alat Hidupkan Motor Dengan Perintah Suara - Misteri Kisah
loading...

Hebat! Pemuda Asal Bekasi Ini Berhasil Ciptakan Jarvis, Alat Hidupkan Motor Dengan Perintah Suara

Misterikisah.com ~ Kata siapa penemuan unik hanya orang luar negeri yang bisa? Indonesia juga bisa kok! Hal ini dibuktikan oleh pemuda asal Bekasi Endie Yusup (27), ia menemukan sistem yang bisa menyalakan sepeda motor secara otomatis cukup dengan memberi perintah suara lewat android.


Jarvis, hidupkan motor,” Endi memerintahkan Jarvis dengan suaranya dengan menghadap smartphone Android-nya. Hebatnya, mesin sepeda motor pun menyala diikuti dengan lampunya.

Endie menamakan sistem tersebut Jarvis. Ia merakitnya dengan berbekal smartphone yang sudah terpasang aplikasi khusus, koneksi Bluetooth, dan rakitan komponen robotik.

Dikutip Misterikisah.com dari laman Liputan6.com, Jarvis tak hanya pintar mengidentifikasi perintah dalam Bahasa Indonesia, tetapi juga bahasa lainnya. Sebab, Endie menggabungkan aplikasi yang dirahasiakannya dengan Google Voice.

“Si aplikasi ini terhubung ke Google Voice, jadi saya rasa mau pakai bahasa apapun selagi Google Voice-nya bisa menerjemahkan dan set up perintahnya jelas dan lengkap ya bisa jadi perintah,” tuturnya belum lama ini.

Pria kelahiran Tasikmalaya ini mengungkapkan ia sudah mencoba memerintah Jarvis dengan berbagai bahasa yakni Indonesia, Inggris, Sunda, dan Jawa, dan hasilnya si Jarvis bisa mengenali semuanya. Selain itu, penggunaan Jarvis dinilai cukup aman sebab Endie sudah memproteksi koneksi Bluetooth dengan password empat digit. 


Oleh karena itu, sepeda motor yang sudah dipasang Jarvis tak akan bisa diperintah oleh siapapun kecuali pemiliknya.

Endi memaparkan ide merakit Jarvis datang saat ia penasaran dengan  sistem robotik yang bisa dikendalikan dengan aplikasi smartphone. Setelah mencari dan mendapat pengetahuan robotik lewat smartphone. Ia sangat berminat untuk menyediakan komponen-komponen robotik yang dibutuhkan untuk mendukung Jarvis harganya terjangkau. Namun, ayah satu anak ini enggan menyebutkan, komponen apa saja yang dibutuhkan untuk membuat Jarvis.

Endie menambahkan ia akan meningkatkan penggunaan Jarvis tak hanya pada sepeda motor tetapi juga untuk mobil.

Baca Juga:


“Saat ini saya sudah coba kembangkan alat ini diaplikasikan ke kendaraan roda empat,” pungkasnya. [Misterikisah/ L6]

Loading...
Suka Artikel Ini?
Loading...