Kisah Pelaku Yang Menjatuhkan Bom Atom di Hiroshima, Ternyata Ini Yang Membuat Hidupnya Tak Tenang - Misteri Kisah
loading...

Kisah Pelaku Yang Menjatuhkan Bom Atom di Hiroshima, Ternyata Ini Yang Membuat Hidupnya Tak Tenang

Misterikisah.com ~ Sejarah dijatuhkannya bom di Kota Hiroshima pada 6 Agustus 1945 silam, tak lepas dari serangkaian peristiwa Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Namun Anda pasti tak tahu siapa yang menjatuhkan bom yang menewaskan puluhan ribu jiwa tersebut bukan?


Dia adalah seorang pilot bernama Paul Warfield Tibbets Jr tengah mengoperasikan pesawat jenis Enola Gay. Nama Enola Gay sendiri merupakan nama ibu Tibbets. Tibbets berhasil membawa sebuah bom bernama Little Boy menyebabkan kehancuran total di Hiroshima.

Sebelum bom ini dijatuhkan dari atas pesawat Enola Gay, ada 90 ribu gedung berdiri kokoh di Hiroshima. Tapi setelah bom Little Boy ini meledak memporak-poranda Hiroshima dan tersisa 28 ribu gedung yang masih terselamatkan.

Little Boy ini juga banyak merenggut puluhan ribu nyawa. Yang mencengkan, dari 200 dokter yang ada di kota ini, hanya tersisa 20 orang saja yang hidup dan bisa membantu korban. Sementara, perawat yang tadinya berjumlah 1.780 orang, anya tersisa 150 yang mampu menuntaskan pekerjannya menolong korban bom atom yang terluka parah.

Aksi yang menyebabkan kematian massal ini ternyata tidak memnbuat Tibbets menyesal menjalankan misinya. Bahkan ia malah berpendapat jika aksinya ini salah satu upaya untuk menghentikan Perang Dunia II demi menyelamatkan banyak nyawa prajurit Sekutu.

Namun ia pun menerima karmanya, selama ini Tibbets tetap dihantui para aktivis antinuklir. Kala tahun 1976, Tibbets kembali menerbangkan pesawat B-29 dalam sebuah air show dan memperagakan bagaimana bagaimana bom atom dijatuhkan. Sampai pensiun dan akhir hayatnya kehidupannya selalu tak tenang, sebab Tibbets selalu menjadi buronan aktivis antinuklir.

Baca Juga:



Ngeri juga ya? Bagaimana menurut Anda? [Misterikisah/ Ina]

Loading...
Suka Artikel Ini?
Loading...