Inilah 6 Bukti Jika Timor Leste Belum Bisa 'Move On' dari Indonesia - Misteri Kisah
loading...

Inilah 6 Bukti Jika Timor Leste Belum Bisa 'Move On' dari Indonesia

Misterikisah.com ~ Mendengar Timor Leste pastilah ingat dengan provinsi Timor Timur yang dulu berhasil memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Timor Timur resmi merdeka pada 20 Mei 2002 dengan nama negara Timor Leste.

Walau dinyatakan sudah merdeka dengan mempunyai bendera serta lagu nasional sendiri, namun sejatinya Timor Leste tak seutuhnya lepas dari Indonesia.

Berikut beberapa buktinya yang dikutip Misterikisah.com dari laman m.riau24.com (21/2/2017):


1. Masyarakat Timor Leste banyak memilih Indonesia untuk mengenyam pendidikan
Sangat banyak orang tua di Timor Lestemengirim anak-anaknya untuk menempuh pendidikan tinggi di Indonesia. Padahal, banyak negara di dunia yang bisa mereka pilih untuk mendapatkan gelar sarjana. Tapi alasan mereka memang logis, kuliah di Indonesia lebih murah dan jarak tidak begitu jauh.

2. Bahasa Indonesia yang Mendarah Daging
Ternyata selama ini Timor Leste selalu memakai Bahasa Indonesia dalam keseharian masyarakatnya. Padahal mereka sendiri sudah memiliki bahasa nasional yakni Portugis dan Tetun.

3. Selalu gunakan produk berasal dari Indonesia
Meski telah sepenuhnya lepas dari Indonesia, masyarakat Timor Leste masih begitu tergantung pada produk yang berasal dari Indonesia. Masyarakat Timor Leste masih sering membeli sembako dan kebutuhan hidup lainnya pada masyarakat Indonesia di daerah perbatasan.

4. Produksi Indonesia lebih murah dan terjangkau
Masyarakat Timor Leste juga selalu menggunakan barang-barang buatan Indonesia. Mulai dari produk sehari-hari hingga kebutuhan untuk pembangunan semacam semen dan sejenisnya. Timor Leste menganggap barang-barang dari Indonesia relatif murah dan pendistribusiannya cukup mudah.

5.Sinteron Indonesia jadi favorit masyarakat Timor Leste
Ternyata masyarakay Timor Leste juga menyukai sinetron Indonesia. Mereka mengaku alur ceritanya cukup bagus. Apalagi mereka bisa mudah memahami bahasa Indonesia tanpa memerlukan Terlebih lagi sinetron kita menggunakan teks terjemahan.

6. Menjalin pernikahan dengan orang Indonesia
Sosok orang Indonesia ternyata juga begitu dikagumi masyarakat Timor Leste. Buktinya, banyak dari mereka yang menikahi wanita Indonesia begitu juga sebaliknya.

Baca Juga:
Ternyata Indonesia punya kesan tersendiri ya bagi Timor Leste? [Misterikisah/ R24]

Loading...
Suka Artikel Ini?
Loading...