Sulitnya Pembangunan Jalan Trans Papua, Terobos Hutan Dan Bukit Hingga Membelah Gunung - Misteri Kisah
loading...

Sulitnya Pembangunan Jalan Trans Papua, Terobos Hutan Dan Bukit Hingga Membelah Gunung

Misterikisah.com ~ Sepertinya pembangunan infrastruktur jalan di Papua semakin berkembang dengan adanya Trans Papua. Pemerintah tengah mempercepat penyelesaian mega proyek jalan ini diprovinsi Papua dan Papua Barat dengan menyambung Sorong hingga Merauke.

Namun pembangunan infrastruktur jalan Papua tak semudah membangun jalan di Jawa. Sebab kondisi alam dan geografis Papua menjadi kendala pembangunan jalan Trans Papua. Bayangkan Trans Papua harus menyusuri bukit, membelah gunung, dan menembus hutan dengan medan yang terjal.

Foto : Liputan 6

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, jalan Trans Papua di Provinsi Papua bakal membentang sepanjang 3.259,45 kilometer. Jalan tersebut rencananya membentang dari Kwatisore-Nabire-Wagete-Enarotali-Ilaga-Mulia-Wamena (Usilimo)-Wamena-Elelim-Jayapura-Wamena-Habema-Kenyam-Mumugu.
Foto : Liputan 6
Kemudian dari Kenyam-Dekai-Oksibil-Waropko-Tanah Merah-Merauke-Wagete-Timika. Hingga akhir 2016, jalan yang sudah tersambung mencapai 2.792,02 kilometer atau 85,7 persen dari total panjang jalan. Yang belum tersambung sepanjang 467,18 kilometer yang masih berupa hutan belantara.

Meski sudah tersambung, jalan-jalan tersebut belum seluruhnya dilapisi aspal. Dari data itu disebutkan, dari total 2.792,02 kilometer, baru 1.568,34 kilometer yang sudah dilapisi aspal, sementara 1.194 kilometer masih agregat dan 29,19 kilometer masih berupa jalur tanah.

Baca Juga:
Doakan saja semoga Trans Papua ini bisa segera difungsikan. [Misterikisah/ L6]

Loading...
Suka Artikel Ini?
Loading...