Petugas Kebersihan Sekolahkan Anak-Anak Kurang Mampu ini Berikan Seluruh Gajinya, Kisahnya Bikin Haru - Misteri Kisah
loading...

Petugas Kebersihan Sekolahkan Anak-Anak Kurang Mampu ini Berikan Seluruh Gajinya, Kisahnya Bikin Haru

Misterikisah.com ~ Walaupun hidup berkekurangan tapi harus bisa menolong orang lain. Tanpa menunggu kaya. Hal inilah yang dilakukan petugas kebersihan asal Shenyang, Tiongkok bernama Zhao Yongjiu (56).

Walau hanya bekerja sebagai seorang petugas kebersihan yang penghasilannya jauh dari nilai besar. Namun ia berhati malaikat. Ia bertekad membantu anak-anak kurang mampu.

Tak disangka Zhao sudah menyekolahkan 37 anak miskin dan bahkan ia rela menyumbangkan gaji per bulannya demi kebutuhan sekolah mereka. Zhao membanting tulang dari pukul 04:30 pagi sampai 09:00 malam waktu setempat untuk mendapat gaji sebesar 2.400 yuan atau sekitar Rp 4,6 juta per bulan.


Selain menjadi petugas kebersihan, Zhao juga mengumpulkan barang-barang bekas untuk dijual untuk biaya apartemen satu kamar dengan biaya sewa 600 yuan (Rp1,1 juta) per bulan. Dengan begitu, ia bisa memiliki sisa dari gajihnya untuk disumbangkan.

Zhao yakin gajinya cukup untuk kebutuhan hidupnya dan mampu menyumbangkan rezekinya untuk menyekolahkan anak-anak yang kurang mampu agar mereka bisa mendapat pendidikan yang layak.

Diperkirakan Zhao sudah menyumbangkan uang sebanyak 170.000 yuan atau sekitar Rp 329 juta untuk menyekolahkan 37 anak-anak kurang mampu selama tiga dekade terakhir. Saat ini Zhao belum berencana untuk pensiun dalam waktu dekat dan meneruskan kegiatan mulianya ini

Zhao mengungkapkan kepada surat kabar China, Beijing Youth Daily ia termotivasi dari pengalaman pribadi. Saat ia kehilangan ayahnh tahun 1976, ibunyalah yang bekerja keras mencari sesuap nasi. Tahun demi tahun, Zhao dan ibunya berhasil melewati masa sulit karena bantuan tetangganya yang sering menyumbangkan materi untuk mereka.

Sejak saat itu Zhao bertekad membantu orang lain sepanjang umurnya. Kisah Zhao sudah menyebar di media sosial Tiongkok, Weiboo dan banyak netizen yang mengapresiasi apa yang dilakukan Zhao.

Baca Juga:

“Jika ada banyak orang sepertinya di jalanan, dunia akan menjadi tempat yang lebih baik,” kata komentar salah seorang netizen yang merespons positif aksi Zhao. [Misterikisah/Tn]

Loading...
Suka Artikel Ini?
Loading...