Deretan 20 Orang Terkaya Indonesia Versi Forbes, Ternyata Yang Paling Kaya .... - Misteri Kisah
loading...

Deretan 20 Orang Terkaya Indonesia Versi Forbes, Ternyata Yang Paling Kaya ....

Misterikisah.com ~ Banyak yang menilai kesuksesan seseorang diukur dari harta yang ia punya. Jika benar begitu, maka Bos Microsoft yakni Bill Gates kembali menjadi orang terkaya di dunia menurut Majalah Forbes 2017. Kekayaan Bill Gates ditaksir sedikitnya 86 miliar dolar AS.

Kekayaan Bill Gates ini terus memerus meningkat hampir 11 miliar dolar AS dari tahun lalu. Pada 2016, kekayaan Bill Gates tercatat sebesar 75 miliar dolar AS.

Di bawah Bill Gates, Peringkat kedua dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes ditempati Warren Buffett dengan kekayaan mencapai 75,6 miliar dolar AS. Sementara Jeff Bezos dengan kekayaan 72.8 miliar dolar AS menduduki peringkat ketiga. Warren Buffett dan Jeff Bezos berasal dari Amerika Serikat. Warren Buffett adalah pendiri Berkshire Hathaway sementara Jeff Bezos adalah pendiri Amazon.

Lalu bagaimana dengan Mark Zuckerberg? Ternyata pendiri Facebook ini menempati peringkat kelima orang terkaya dunia dengan kekayaan sebesar $56 miliar dolar AS. Dari 10 peringat teratas orang terkaya di dunia, 8 di antaranya berasal dari Amerika Serikat.

Dalam daftar orang terkaya yang baru dirilis Forbes, terdapat 2.043 orang kaya di seluruh dunia pada 2017. Jika ditotal, kekayaan mereka mencapai 7,67 triliun dolar AS.

Bagaimana dengan Indonesia? Forbes memasukkan 20 orang Indonesia dalam datar mereka. Dua teratas dalam daftar orang terkaya di Indonesia ternyata Budi Hartono dan Michael Hartono.

Budi Hartono tercatat memiliki kekayaan sebesar 9 miliar dolar AS. Dengan kekayaan ini, ia menempati peringkat ke-140 dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes. Sementara Michael Hartono ditaksir memiliki kekayaan 8,9 miliar dolar AS. Michael berada di peringkat ke-145 dalam daftar orang terkaya dunia.

Diketahui, Budi dan Michael Hartono adalah kakak beradik ‘pewaris’ perusahaan rokok Djarum. Berikut para miliarder asal Indonesia yang masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia menurut Forbes. Angka di dalam kurung menunjukkan peringkat mereka di dunia:
Perjalanan karir sang triliuner Indonesia yakni Robert Budi Hartono bermula ketika ia mendapatkan warisan dari ayahnya yang seorang pengusaha rokok. Pada saat itu ia yang masih berusia 22 tahun mendapat kan sebuah tantangan besar memegang sebuah pabrik rokok bernama Djarum Gramophon yang kini lebih dikenal sebagai pabrik rokok terbesar di Indonesia, Djarum.

Tahun pertama menjalani usaha warisan tersebut ternyata bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Perusahaan warisan yang diberikan mendiang ayahnya tersebut bukan sedang dalam keadaan yang baik. Pabrik Djarum Gramophon tersebut baru saja mengalami kebakaran hebat yang hampir meludeskan semua asset perusahaan. Keadaan dimana banyak orang akan menyerah menghadapinya.
Robert Budi Hartono
Namun tidak demikian dengan Budi dan kakaknya, mereka yakin bahwa Djarum masih bisa dihidupkan lagi. Dan dengan usaha nya mencari talangan dana dan inovasi bisnis yang cermat, pelan tapi pasti pabrik yang hampir “jatuh” itu pun bangkit dan lambat laun menjelma menjadi salah satu perusahaan tersukses yang ada di Indonesia. Bahkan kini produk rokok Djarum tidak hanya merajai pasar lokal namun telah merambah ke pasar Internasinal. Pencapaian besar yang didapatkan dengan jerih payah dan usaha keras beliau bersama kakaknya.

Salah satu semangat yang kini menjadikan beliau orang terkaya di Indonesia adalah ekspansi bisnis nya yang tiada henti. Dengan semangat tersebut aliran pundi kekayaan kerajaan bisnisnya kini makin mantap dan hampir tidak tergoyahkan. Benar-benar semangat yang harus di contoh oleh generasi muda. Tidak takut bergerak dan terbang lebih tinggi.

Beberapa cabang bisnis yang telah digeluti Budi Hartono, dibawah bendera Djarum Group adalah diantaranya sektor perbankan, property, agribisnis, elektronik, multimedia, bahkan merambah ke dunia internet marketing. Dalam dunia perbankan, Djarum Group yang ia pimpin bersama kakaknya Bambang Hartono kini telah memiliki sebagian besar dari saham bank BCA.

Berikutnya pada sektor properti, perusahaan yang ia pimpin salah satu nya pernah ditunjuk dalam Mega proyek Grand Indonesia yang dilaksanakan pada tahun 2004 yang lalu. Proyek dengan nilai mencapai nilai 1,3 Triliun rupiah tersebut tentunya menjadi bukti bahwa kapasitas bisnis Djarum Group merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia saat ini.

Tidak berhenti dalam sektor-sektor tersebut, kesuksesan di sektor lain seperti agribisnis, elektronik dan bisnis internet ditunjukan dengan sederet cabang perusahaan Djarum Group. Sebut saja Hartono Plantations Indonesia, Polytron atau Global Digital Prima Venture yang menjadi investor utama forum No. 1 Indonesia Kaskus.co.id.

Menjadi yang nomor satu terkaya di Indonesia seperti beliau mungkin masih jauh dari angan kebanyakan orang. Tapi yakin, banyak sekali hal positif yang bisa Anda bisa pelajari dari diri seorang Budi Hartono, paling tidak untuk menjadi pribadi yang lebih baik, pribadi dengan semangat bisnis yang tidak pernah padam.

Baca Juga:

Bagaimana menurut Anda? [Misterikisah/Rpl/Mm]

Loading...
Suka Artikel Ini?
Loading...