Mantan Veteran Ini Jadi Tukang Timbang Keliling, Kisahnya Bikin Netizen Trenyuh - Misteri Kisah
loading...

Mantan Veteran Ini Jadi Tukang Timbang Keliling, Kisahnya Bikin Netizen Trenyuh

Misterikisah.com ~ Veteran menjadi saksi hidup bagaimana beratnya berjuang melawan penjajah. Mereka juga turut turun ke medan laga, namun nasib para veteran beruntung bisa hidup sampai sekarang. Seharusnya memang negara menghargai perjuangan veteran pada masa lampau. Tak hanya sekedar penghargaan semata tetapi juga mnjamin kehidupan masa tua mereka.

Salah satu veteran yang luput dari perhatian negara adalah Emin Dudung. Masyarakat akrab memanggilnya Pak Emin. Beliau menjadi saksi sejarah dikumandangkannya Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945.

Dikuti Misterikisah.com dari laman Merdeka.com, veteran asal Bandung ini mengingat jelas peristiwa tersebut. Mengingat perjuangan kakek renta ini dahulu sebelum Indonesia merdeka sangatlah mengharukan. Banyak teman kakek Emin dalam peperangan yang gugur melawan penjajah pada saat pertempuan terjadi di Bandung, namun ia bersyukur masih bisa menghirup udara segar sampai saat ini.
Kakek Emin menunjukkan kartu anda veteran miliknya
Jika mengingat massa perjuangan, kakek Emin akan merasa bersedih karena banyak kehilangan orang yang dicintainya. Tak hanya itu, ia masih harus bersusah payah mencari makan dan memenuhi kebutuhan pada masa tuanya. Ya kehidupan Pak Emin jauh fasilitas yang diberikan pemerintah sebagai bentuk penghargaan.

Kakek veteran ini bekerja sebagai tukang timbang berat badan keliling di daerah Bandung. Dengan langkahnya yang semakin renta, kakek ini menawarkan jasa timbang badan dengan timbangan yang selalu ia bawa. Sungguh mengharukan dan tidak sepadan jika dibandingkan dengan jasanya turut memerdekakan bangsa ini.

Soal tarif, Pak Emin tak pernah mematok harga. Ia menerima bayaran seikhlasnya bagi siapapun yang bersedia menimbang berat badannya. Bahkan ada pula yang tidak membayar. Namun Pak Emin menjalaninya dengan penuh keikhlasan. Di sakunya Pak Emin menyimpan kartu tanda bahwa ia pernah menjadi veteran Indonesia. Hal ini untuk membuktikan jika ada yang tidak percaya. 

Baca Juga:

Semoga saja kakek Emin mendapatkan perhatian pemerintah atas jasanya. Paling tidak bisa mengubah kehidupannya menjadi lebih baik. [Misterikisah/Mrd/Dr]

Loading...
Suka Artikel Ini?
Loading...