Gigi Bocah Ini Tumbuh Menjadi Dua Barisan, Tapi Dokter Gigi Malah Salahkan Orangtuanya! - Misteri Kisah
loading...

Gigi Bocah Ini Tumbuh Menjadi Dua Barisan, Tapi Dokter Gigi Malah Salahkan Orangtuanya!

Misterikisah.com ~ Biasanya anak kecil sudah mulai ganti gigi susu ke gigi bungsu saat menginjak usia 6 tahun. Tapi keanehan terjadi pada gigi anak ini. Susunan giginya belum berubah sampai ia menginjak usia 8 tahun. Ketika sudah mulai menunjukan tanda pergantian gigi, giginya malah tumbuh menjadi dua baris!

Hal ini lantaran gigi susunya belum bisa lepas, namun gigi bungsunya sudah tumbuh. Karuan saja kondisi gigi bocah ini semakin tidak karuan, sampai akhirnya sang ibu membawa anak ini ke dokter gigi. Begitu melihat keadaan gigi seperti ini, si dokter pun terkejut.

“Kondisi seperti ini umum terjadi pada anak- anak, namun semua ini disebabkan karena kelalaian orangtua!," kata dokter yang menanganinya.

Dokter tersebut mengaku munculnya kondisi gigi ‘dua baris’ pada anak semakin lama akan semakin banyak. Dokter menyarankan, orangtua harus tahu masa- masa pertumbuhan dan perkembangan anak.

Ketika anak sudah memasuki usia pergantian gigi, seharusnya orangtua memberi anak makan makanan yang lebih berserat, keras dan kasar, seperti kacang- kacangan. Hal ini dibutuhkan untuk membuat gigi susu ‘goyang’ dan bisa lepas tepat waktu.

Anak yang cenderung mengonsumsi makanan manis dan terlalu lembut, akan membuat si anak lebih jarang mengunyah sehingga gigi susu dapat tetap tumbuh kuat. Gigi susu yang tidak lepas dapat mengakibatkan pergeseran dan pertumbuhan gigi tetap pada tempat yang tidak seharusnya, dan jadilah pertumbuhan gigi ‘dua baris’.

Gigi yang tumbuh tidak normal seperti ini tentunya dapat menyebabkan bentuk rahang menjadi tidak simetris dan bahkan bisa mengurangi fungsi gigi.

Baca Juga:

Jadi memang hal sekecil ini perlu diperhatikan oleh para orang tua apalagi menyangkut pertumbuhan anak termasuk gigi. Betul kan? [Misterikisah/ Crp]

Loading...
Suka Artikel Ini?
Loading...